Orientasi Studi

Mahasiswa baru dalam memasuki kehidupan kampus memerlukan kesiapan akademis, psikologis, dan sosial. Mahasiswa baru juga perlu mengetahui sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Sehubungan dengan hal ini perlu adanya pengenalan yang terprogram dan dikelola dengan baik sehingga mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan tinggi yang akan mereka jalani selama studi. Kegiatan ini dilaksanakan di semua perguruan tinggi, namun proses pelaksanaannya sesuai dengannorma dan ketentuan yang berlaku pada masing-masing perguruan tinggi.

Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga secara institusional memiliki misi memadukan ilmu-ilmu keislaman dengan ilmu-ilmu umum. Karena itu, secara epistimologis UIN Sunan Kalijaga memiliki visi keilmuan yang berbeda dari PTAI maupun PTU yang lain. Pengembangan keilmuan yang dilakukan UIN Sunan Kalijaga bersifat holistik dan terpadu, yaitu saling menyapa antara satu disiplin ilmu dengan ilmu lainnya sehingga merupakan bangunan keilmuan yang integratif-interkonektif. UIN Sunan Kalijaga diharapkan dapat mencetak sarjana yang menguasai ilmu umum dan ilmu agama sekaligus yang dapat mengamalkan dan mendakwahkan ilmunya dalam kehidupan bermasyarakat.

Sebagai langkah awal untuk menapak jejak pendidikan di Perguruan Tinggi, para mahasiswa baru masih memerlukan orientasi awal untuk lebih mengenal lebih jauh seluruh perjalanan sebagai mahasiswa. Para mahasiswa baru yang merupakan calon-calon pemimpin agama, masyarakat, bangsa, dan negara adalah sosok yang sangat strategis dalam menentukan arah kehidupan bangsa ini. Dengan alasan inilah maka dalam menapak jalan pendidikan di perguruan tinggi diperlukan pengenalan awal apa dan bagaimana kehidupan akademik di kampus UIN Sunan Kalijaga ini.

Berita Terkait

Berita Terpopuler